Skip to main content

follow us

SSH Premium GRATIS!!

Android adalah sistem operasi yang sangat mumpuni, dengan semakin banyak aplikasi yang mendekati kelas desktop. Namun terkadang, Anda masih perlu bekerja untuk menyelesaikan sesuatu di Android yang akan menjadi snap pada desktop.

Baca juga : Hack Password Wifi di Android via Termux tanpa Root

Untungnya, Android adalah Linux pada intinya. Dan Termux dibangun pada infrastruktur yang ada ini. Ini menyediakan lingkungan baris perintah dan memungkinkan Anda untuk menginstal jujur-untuk-kebaikan aplikasi Linux pada perangkat Android Anda. Mari kita pergi mendapatkan beberapa.

Mengapa menggunakan Termux?

Sudah ada beberapa aplikasi di Play Store yang merupakan Port aplikasi Linux ke Android. Ini berbeda dari Termux karena mereka meniru aplikasi Linux tersebut, tetapi mereka dibuat dengan cara Android. Sebaliknya, Termux adalah lingkungan Linux yang mandiri. Programnya adalah (untuk semua maksud dan tujuan) persis sama dengan rekan Linux mereka. Ini menyampaikan beberapa keuntungan atas aplikasi porting:
  • Konsistensi — Linux aplikasi yang telah porting ke Android harus menerima antarmuka pengguna dari beberapa jenis. Pengalaman pengguna di Android sangat bergantung pada berapa banyak usaha yang dimasukkan oleh pengembang ke dalamnya. Hal ini pasti berbeda dalam hal apapun. Tapi aplikasi Termux adalah sama dengan versi Linux, dari cara pintas keyboard untuk bagaimana Anda menginstalnya.
  • Kekompakan-penambahan "kode Android" yang dijelaskan di atas dapat menyebabkan beberapa aplikasi ramping untuk tumbuh chunky. Ambil sebuah klien Android SSH (VX ConnectBot yang ditunjukkan di bawah) misalnya, yang dapat dijalankan di mana saja dari 2 MB ke 12 MB. Namun dengan pengecualian beberapa layar grafis, Anda masih berakhir di sebuah terminal seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Bandingkan ini untuk dropbear, tersedia di Termux, yang beratnya di 396 KB (itu kilobyte) diinstal. Dan menyediakan server SSH untuk boot.
  • Ketepatan waktu-ketika sebuah aplikasi diperbarui, Anda masih pada belas kasihan dari pengembang aplikasi Android untuk upgrade. Sebaliknya, aplikasi Termux adalah paket Linux yang cukup standar yang membutuhkan lebih sedikit pekerjaan. Mereka bahkan dapat dibuat secara otomatis di samping versi desktop. Anda akan cenderung mendapatkan akses ke fitur baru lebih cepat dengan Termux.
  • Harga-tentu saja, ada kemungkinan aplikasi yang Anda beli dari Play Store akan memiliki biaya yang terkait. Semua aplikasi di Termux adalah gratis (dan Open Source), seperti Termux sendiri.

Menggunakan Termux

Sebelum menyelam ke dalam penggunaan kode perintah termux, mari kita meletakkan sesuatu yang tepat di luar sana. Termux adalah yang pertama dan terutama lingkungan baris perintah. Tidak ada antarmuka pengguna mewah dengan tombol mengkilap dapat ditemukan di sini.

Hal ini berlaku tidak hanya untuk paket Termux dasar, tetapi aplikasinya juga. Anda tidak akan mendapatkan versi terbaru dari LibreOffice. Anda juga harus nyaman dengan baris perintah untuk menginstal dan menggunakan program ini. Jika Anda baru untuk itu, kami memiliki beberapa sumber daya yang besar untuk membantu Anda. Anda dapat membaca tentang perintah penting, 40 + perintah terminal yang paling sering digunakan, bagaimana mengajarkan diri Anda perintah terminal, dan situs web dan buku yang dapat mendidik Anda lebih lanjut.

Perintah-perintah (command) dasar yang sering di gunakan di aplikasi termux :

Untuk menginstall paket perangkat lunax
pkg install
Untuk melihat perangkat yang telah terinstall
pkg list
Untuk memperbaharui perangkat yang telah terinstall
pkg upgrade
Untuk membuka direktori (folder)
cd
Contoh :
cd /sdcard
Untuk merubah izin pada direktori
chmod
Untuk membersihkan pada layar di terminal
clear
Untuk menyalin file
cp -f
Untuk keluar dari terminal atau dari shell
exit
Untuk membuat folder baru
mkdir
Untuk memindahkan file atau folder. Bisa juga untuk mengubah nama folder
mv
Untuk menghapus file yang sudah di install
rm

Jika Anda mempunya script perintah termux yang lainnya bisa membaginya disini dengan memberikan komentar atau juga bisa di fanspage gebang kiidiw. Terimakasih telah berkunjung ke di blog ini dengan artikel tentang kumpulan code perintah dasar termux semoga tutorial yang kami berikan bisa bermanfaat untuk kita semua.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar